Teknik Pengembangan AI
A. Movement
Komputer sebagai alat untuk pemindahan data yaitu untuk pemindahan
data yang telah dibuat dan akan bisa membuka kembali file yang telah kita buat
dengan cara mengcopy paste file yang telah kita buat. Contohnya dari keyboard
ke layar monitor. Dalam game, movement adalah
metode yang menekankan konsep gerak tubuh, meliputi konsep kesadaran tubuh,
konsep usaha, konsep ruang, dan konsep keterhubungan.
B. Pathfinding
Path finding merupakan metode yang sangat dibutuhkan pada berbagai game,
terutama game 3D. Path finding digunakan untuk menentukan arah pergerakan suatu
objek berdasarkan keadaan lokasi dan object disekitarnya dari suatu titik ke
titik lain. Pathfinding merupakan cara untuk mendapatkan rute antara dua buah
point, beberapa agoritma yang dapat diterapkan antara lain brute force, BFS,
DFS.
C.
Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah suatu proses pemilihan dari berbagai
alternatif baik kualitatif maupun kuantitatif untuk mendapat suatu alternatif
terbaik guna menjawab masalah atau menyelesaikan konflik (pertentangan).
Proses penurunan keputusan,terdapat 4 unsur,antara lain…
ü
Model : Model menunjukkan gambaran suatu rnasalah secara kuantitatif atau
kualitatif.
ü
Kriteria: Kriteria yang dirumuskan menunjukkan tujuan dari keputusan yang
diambil. Jika terdapat beberapa kriteria yang saling bertentangan, maka
pengambilan keputusan harus melalui kompromi (misalnya menambah jasa langganan
dan mengurangi persediaan, maka keputusan mana yang diambil perlu kompromi).
ü
Pembatas: Faktor-faktor tambahan yang perlu diperhatikan dalam memecahkan
masalah pengambilan keputusan. Misalnya dana yang kurang tersedia.
ü Optimalisasi:
Apabila masalah keputusan telah diuraikan dengan sejelas jelasnya, maka manajer
menentukan apa yang diperlukan (kriteria) dan apa yang diperbolehkan
(pembatas). Pada keadaan ini pengambil keputusan siap untuk memilih pemecahan
yang terbaik atau yang optimal.
Proses pengambilan keputusan terbagi 3,yaitu..
a. Penyelidikan: Mempelajari lingkungan atas kondisi yang memerlukan
keputusan. Data mentah diperoleh, diolah, dan diuji untuk dijadikan petunjuk
yang dapat mengidentifikasi persoalan.
b. Perancangan: Mendaftar, mengembangkan, dan menganalisis arah tindakan yang
mungkin. Hal ini meliputi proses-proses untuk memahami persoalan, menghasilkan
pemecahan, dan menguji kelayakan pemecahan tersebut.
c c.
Pemilihan: Memilih arah tindakan tertentu dari semua yang ada. Pilihan
ditentukan dan dilaksanakan.
D.
Taktik dan Strategi dalam AI
AI
dalam game biasanya memiliki kecepatan dalam taktik bermain sehingga
mengharuskan pemain untuk berfikir lebih cepat untuk menyusun strategi terbaik
agar dapat memperoleh skor yang maksimal. Kecerdasan buatan merupakan
kecerdasan yang ditujukan oleh suatu entitas buatan, yang diciptakan dan
diterapkan kedalam sebuah mesin (komputer) sehingga dapat melakukan perbuatan
seperti manusia. Strategi dalma gamepun bervariasi. Salah satunya adalah dalam
game Othello yaitu strategi bermain reversy, sperti jumlah pin, penguasaan
sudut/x-square/c-square, jumlah pin stabil, mobility, jumlah pin tepi, parity,
dan pola sisi/sudut.
E.
Pembelajaran
Machine
learning adalah teknik AI yang berkaitan dengan
pembelajaran data dan menggunakannya untuk memprediksi informasi yang ada di
dunia. Machine learning dibangun
dengan menggunakan algoritma. Rangkaian instruksi ini akan
menyelesaikan suatu permasalahan. Contoh algoritma yang dimaksud adalah decision tree
learning dan association
rule learning.Namun, algoritma machine learning yang
berperan dalam kehidupan di dunia adalah jaringan saraf buatan, suatu teknik
yang terinspirasi oleh cara kerja neuron otak manusia.
TUGAS PENGETAHUAN TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
MINGGU KE-10
HERI JULIYANTO
13115135
3KA12
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar