KECERDASAN
BUATAN DAN PERMAINAN
1. Kecerdasan Buatan vs. Game AI
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang
ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks
ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa
Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI)
didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini
umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu
mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf
tiruan dan robotika.
Game adalah permainan komputer yang dibuat
dengan teknik dan metode animasi. Permainan game merupakan bidang AI yang
sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai
intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab
tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
Salah satu komputer yang ditanamkan AI untuk game
bernama Deep Blue. Deep Blue adalah
sebuah komputer catur buatan IBM pertama yang memenangkan sebuah
permainan catur melawan seorang juara dunia (Garry Kasparov) dalam waktu
standar sebuah turnamen catur. Kemenangan pertamanya (dalam pertandingan atau babak
pertama) terjadi pada 10 Februari 1996 dan merupakan permainan yang
sangat terkenal.
Kini telah banyak berkembang game AI yang
semakin menarik, interaktif, dan dengan grafis yang sangat bagus. Ditambah
dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang semakin cepat, sudah banyak
terdapat game-game AI yang berbasiskan online. Tidak sedikit orang yang
tertarik dengan game saat ini. Mereka memainkan game untuk mengisi kekosongan
waktu mereka atau pun melatih skill mereka dalam berpikir.
2.
Mode Game AI
Salah satu unsur yang berperan penting dalam
sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen
dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan
karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter
pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC =
Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain
dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu
yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh
media interaksi ialah:
· Penglihatan (vision)
·
Suara (voice), ucapan (speech)
· Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada
game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu
struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan
game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial
intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game
tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai
suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi
berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana
representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut
mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar
dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi
sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan
beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan
yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi
rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi
sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic
tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu
diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai
reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton,
minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur,
tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode
penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa
implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan
penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan
metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.
Beberapa karakteristik dan batasan game untuk game
playing :
• Perfect
Information Game
Kedua pemain sama-sama memiliki akses pada informasi
yang lengkap tentang keadaan permainan, sehingga tidak ada informasi yang
tertutup bagi lawan mainnya.
• No Determined
by Chances
Tidak
melibatkan faktor probabilitas, misalnya dengan menggunakan dadu.
• No
Phsychological Factors
Tidak
melibatkan faktor psikologi, seperti "gertakan" (misalnya Poker)
• No Oversight
Errors. Smart Opponen
Lawan diasumsikan pintar juga, jadi jangan mengharap lawan khilaf, sehingga
terjadi salah langkah.
Adapun beberapa
contoh pada pemanfaatan AI diantaranya:
Dalam bidang
game
Setiap game pasti memiliki AI standar, misalnya jika
anda memerintah ini, maka si AI akan menjalankan tugasnya. Bahkan banyak
game-game yang bertemakan sci-fi seperti HALO, Mass Effect, Crysis, dll di
dalam game tersebut masing-masing karakter memiliki AI nya sendiri. Jadi ini
bisa dikatakan AI di dalam AI.
3. Jenis game AI
·
Fun Games :
Permainannya
seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows
Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan
pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi
grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
·
Arcade Games :
Semua
permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau
biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan
permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul
memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah
dan menyenangkan.
Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah
Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
·
Strategic Games :
Biasanya
permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja
memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi
politik.
·
Adventure Games :
Terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa
(Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll
Playing Game Adventure. Grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh
beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II
dan Diablo.
·
Simulation Games :
Dari
semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan
kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan
tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit,
baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang
paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya.
Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam
kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan
ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan
matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15
Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
4. Menggunakan Heuristik di Permainan
Game yang penting tes-tempat tidur untuk algoritma heuristik. Dua-orang
game yang lebih rumit dari teka-teki yang sederhana karena mereka melibatkan
lawan tak terduga.
TUGAS PENGETAHUAN TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
MINGGU KE-9
HERI JULIYANTO
13115135
3KA12
UNIVERSITAS GUNADARMA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar